Definisi Cantik


Seperti apakah wajah yang paling sempurna? Wajah para seleb dunia boleh jadi merupakan contoh yang paling gampang. Ini karena wajahnya ssuai dengan cetak biru internasional soal wajah yang paling sempurna. Shania Twain, Liz Hurley, dan Jessica Alba adalah para seleb dunia yang disebut juga memiliki wajah paling sempurna simetris.
“Cantik tidak sekadar polesan pada wajah yang berlapis-lapis, tapi lebih dari itu, bahwa kecantikan sejati adalah kecantikan yang terpancar dari dalam diri (inner beauty). Dengan inner beauty yang baik, seorang perempuan akan terlihat semakin cantik. Menjadi inspirator tidak berarti Dian tak mempunyai tokoh inspiratif yang memengaruhi hidupnya.
Baginya, inspirator merupakan seseorang yang menginspirasi orang lain ke arah yang lebih baik. Menurut dia, hal-hal yang terlanjur dianggap kecil itu, merupakan warisan dari mentalitas kolonial, yang sejak memperkenalkan bahwa orang berkulit putih dan berhidung mancung itu adalah pihak yang superior, berkuasa.

Gorky, seorang sastrawan Rusia mengatakan: “anak yang cantik disenangi semua orang, tetapi orang yang menyayangi anak yang jelek barulah benar-benar menyayangi anak”. Semua orang punya sifat hati yang suka akan keindahan, terhadap anak yang cantik, biar tidak saling mengenal juga akan timbul rasa suka, tak bisa menahan diri ingin memujinya, ingin menimangnya. Tapi terhadap anak yang jelek, yang kita tidak kenal, akan merasa acuh tak acuh serta menjauhi.

Walau orang mengatakan tidak bisa menilai seseorang dari penampilan luar, namun wajah yang cantik memang benar dapat mempengaruhi perasaan, sikap dan perilaku kita terhadap seseorang. Ini adalah kenyataan yang kerap terjadi di kalangan orang dewasa, walau ternyata tidak baik. Pada umumnya orang yang berwajah cantik lebih mendapat kesan baik dan diterima, melakukan perkerjaan lebih mudah. Bahkan dalam perdebatan, orang yang cantik lebih mudah meraih kemenangan, tingkat menyakinkan orang juga lebih tinggi. Di tengah pergaulan masyarakat, orang yang memiliki daya tarik relatif lebih bebas dan percaya diri; dalam pekerjaan, yang berparas lebih unggul, prestasi kerjanya akan lebih mendapat pengakuan, dalam hal pelayanan, peningkatan jenjang dan aspek lainnya, mereka akan mendapat prioritas khusus.
Orang yang berwajah cantik dan memiliki daya tarik lebih disenangi orang dibandingkan dengan orang yang tidak cantik dan tidak memiliki daya tarik. Orang yang cantik sering kali dimabukkan dan terlena oleh kecantikannya sendiri, pada masa muda kehidupannya akan sangat nyaman, sering mendapat pujian dan perlakuan istimewa dari orang lain, sangat mudah mendapatkan sesuatu yang diinginkan, membuat mereka tidak punya suatu dorongan untuk mengembangkan kemampuannya.

Di zaman Tiongkok kuno ada pepatah mengatakan: “orang cantik pendek umur” dan “orang cantik sumber bencana”, dengan memiliki wajah yang cantik tidak berarti pasti senang dan bahagia, mungkin saja ia akan menjadi rintangan atau masalah pelik dalam kehidupan seseorang. Wajah yang cantik membuat orang terpesona. Kecantikan yang bersifat permukaan bagaikan sekuntum bunga yang tidak bisa bertahan lama. Apalagi bagi orang yang kotor bathinnya, kecantikan di permukaan bahkan lebih mudah sirna. Oleh karena itu, wajah cantik juga harus disertai kebijakan, pengetahuan, keahlian, kemampuan dan kualitas, untuk membuat bunga cantik mekar dengan lebih indah, dan bertahan lebih lama.
Karena pengetahuan dan moral yang luhur akan menambah daya tarik internal, kemudian terwujud di permukaan, membuat individu memiliki kharisma yang tak tertaklukkan oleh orang lain.


persis seperti artis dan model iklan kosmetika di televisi. Sehingga berjuta-juta perempuan dengan wajah pas-pasan iri dan tergoda mencoba kosmetika tersebut. Secara tak langsung iklan tersebut berkampanye; seperti inilah perempuan idaman laki-laki.
Kebanyakan orang menilai cantiknya perempuan hanya dari fisik semata Dan beruntunglah mereka yang dianugerahi rupa seindah mutiara Tapi, bagaimana dengan mereka yang punya jasmani pas-pasan? Betapapun mereka sudah menggunakan kosmetik mahal, sulit menandingi
perempuan yang sejak lahir sudah di anugrahi rupa cantik Ada cara yang mudah dan murah untuk membuat perempuan cantik, meskipun secara fisik mereka kurang menarik ataupun pas2an Yang pertama kali harus dilakukan adalah mendefinisikan kembali makna cantik tersebut. Kecantikan sejati dan Abadi juga bisa diraih dengan memaknakan kecantikan sebagai berikut:

Kecantikan perempuan ada dalam iman taqwanya yang menyejukkan mata kaum laki-laki.
Seorang perempuan yang menghias jasmaninya dengan iman da taqwa akan memancarkan cahaya surga. Dengan kepatuhannya menjalankan ibadah, ia akan memesona. Yang kuasa akan memberikannya kecantikan abadi, magnet alami. Kecantikan perempuan ada pada kehangatan sikapnya yang mampu menggetarkan sensifitas dan kecintaan pria.
Secara umum laki-laki memang responsif terhadap perempuan yang bagus fisiknya. Tapi ketertarikan itu tak kekal, bisa membuat laki-laki bosan. Kehangatan kasih sayang dan cinta kasih yang tuluslah yang akan membuat sang pria nyaman berada di sisinya. Kecantikan Perempuan ada pada kelembutan sikapnya.
Kecantikan perempuan berada dalam pandangannya yang teduh dan suaranya yang hangat. Perkatannya bukan pisau yang menikam. Perkataannya adalah bara yang menyalakan semangat di dada. Tak ada kata sia-sia yang terucap dari bibirnya.
Kecantikan perempuan berada dalam senyumannya yang menambah kecantikannya dan membuat senang hati orang yang melihatnya
Meskipun berwajah cantik dan rupawan jika malas tersenyum, hanya aura negatif yang akan ditangkap oleh orang-orang di sekitarnya Kecantikan perempuan berada pada intelektualitasnya.


Banyak ilmu-ilmu yang bisa dipungut dari sekitar, yang membuat si perempuan mejadi cerdas. Tak ada sekolah untuk menjadi istri yang baik. Tak ada universitas yang melahirkan ibu yang baik. Ruang dan waktulah yang akan menempa perempuan menjadi istri dan ibu
yang baik. Ia selalu berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitarnya. Dibalik kesuksesannya, pasti ada perempuan tangguh yang menemaninya. Kecantikan perempuan berada pada kemampuan dan keinginannya untuk memberi. Selalu memberi, tanpa mengharap imbalan yang berarti. Ia senang ketika orang lain senang.

Mungkin masih banyak kecantikan yang Lainnya. Tapi dengan kecantikan-kecantik an ini, perempuan manapun bisa tampil memikat. Satu hal yang paling penting, kecantikan-kecantikan ini sifatnya abadi Akan dikenang meskipun si perempuan telah tiada. Tidak seperti kecantikan lahiriah yang sementara.

Comments are closed.