Webmaster Google Reference V.01 [updated]


Memastikan Google mengetahui situs Anda

  • Peta Situsadalah cara terbaik untuk memberikan informasi tentang situs Anda kepada Google, seperti seperapa sering laman Anda diperbarui, modifikasi terakhir terhadap masing-masing laman, dan prioritas relatif dari laman-laman di situs Anda. Baca lebih lanjut tentang membuat dan mengirim Peta Situs.
  • Hasil penelusuran Berita Google Bila situs Anda termasuk bermuatan berita, Anda bisa, mengirimkan situs Anda agar dimasukkan dalam Berita Google. Setelah situs Anda diikutsertakan, Anda dapat menginformasikan kepada kami mengenai artikel-artikel terbaru Anda dengan mengirimkan Peta Situs Berita. (Harap diperhatikan bahwa Peta Situs Berita saat ini hanya tersedia untuk situs berbahasa Inggris saja.) Baca lebih lanjut tentang Peta Situs Berita.
  • Hasil penelusuran Arsip Berita Bila Anda memiliki isi berita sejarah (tersedia secara cuma-cuma atau dengan berlangganan), Anda dapat mengirimkannya untuk disertakan dalam Penelusuran Arsip Berita. Baca lebih lanjut tentang Penelusuran Arsip Berita.
  • Hasil penelusuran Gambar Bila situs Anda memuat gambar, Anda dapat memanfaatkan Alat Webmaster untuk menyertakan penelusuran gambar yang lebih akurat. Dengan ini Google dapat menggunakan Pelabel Gambar kami untuk mengumpulkan metaberkas tambahan mengenai gambar Anda, dan akan membantu kami menampilkan gambar Anda untuk penelusuran yang paling relevan. Baca lebih lanjut tentang penelusuran gambar yang lebih akurat.
  • Hasil penelusuran Lokal Bila Anda menjalankan sebuah situs komersial untuk keperluan bisnis di suatu lokasi geografis tertentu, Anda dapat memberikan informasi kepada kami dengan menggunakan Pusat Bisnis Lokal kami. Informasi ini dapat membantu kami dalam memberikan hasil yang bersifat lokal bagi para pencari baik melalui penelusuran situs dan pada Peta Google. Baca lebih lanjut tentang Pusat Bisnis Lokal Google.
  • Hasil penelusuran Video Bila Anda memiliki isi video, Anda bisa menempatkannya di Video Google, YouTube, atau berbagai penyedia jasa hosting video lainnya. Para pencari dapat melihat video di Video Google atau YouTube secara langsung dari laman hasil telusur. Bila video ditempatkan di layanan lain, pengguna dapat melihat gambar kecil video pada laman hasil telusur.

 

Google Crawler Diagnostik

Analisis Isi

Laman analisis Konten menunjukkan potensi masalah yang ditemukan Google saat menperayapan dan mengindeks situs Anda. Kami menyarankan agar Anda meninjau laporan ini secara teratur untuk menentukan perubahan yang berpotensi meningkatkan peringkat Anda di laman hasil telusur Google disamping memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pembaca Anda.

Masalah ini tidak menghambat perayapan dan pengindeksan situs Anda, tapi memberikan perhatian kepada hal tersebut dapat menyempurnakan pengalaman pengguna dan bahkan membantu mengarahkan lalu lintas pengguna ke situs Anda. Misalnya, judul dan teks deskripsi meta dapat muncul pada laman hasil telusur, dan teks deskriptif yang berguna cenderung akan dikunjungi oleh para pengguna.

Untuk melihat data bagi situs Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda telahmenambahkan situs Anda ke akun Anda danmemverifikasi kepemilikan. Bila kami bekum merayapi atau mengindeks situs Anda, maka kami belum dapat menampilkan data ini.

Data yang dapat disertakan dalam laman ini diantaranya:

  • Masalah judul: Potensi masalah dengan tag judul pada laman Anda, seperti judul laman yang hilang atau berulang.
  • Masalah deskripsi meta: Potensi masalah dengan deksripsi meta yang berganda atau justru yang bermasalah.
  • Konten yang tidak dapat diindeks: Laman yang memuat isi yang tidak dapat diindeks, seperti berkas media kaya, video atau gambar.

Karena kami selalu bekerja untuk meningkatkan jenis dan kualitas data yang kami berikan di laporan situs, data ini dapat berubah dari waktu ke waktu.

Untuk melihat laman Analisis Konten:

  1. Masuklah ke Alat Webmaster GoogledengamAkun Google Anda.
  2. Pada Dashboard, klik situs yang Anda inginkan.
  3. Klik Diagnosa, kemudian klikanalisis Konten.

Meminta Google untuk merayapi laman atau situs

Pencantuman dalam hasil penelusuran Google gratis dan mudah; bahkan Anda tidak perlu mengirimkan situs ke Google. Google adalah mesin penelusuran otomatis yang menggunakan perangkat lunak yang disebut sebagai “spider” untuk merayapi web secara rutin dan menemukan situs untuk ditambahkan ke indeks kami. Bahkan, sebagian besar situs yang terdaftar dalam hasil penelusuran kami tidak dikirimkan secara manual untuk dicantumkan, tetapi ditemukan dan ditambahkan secara otomatis saat spider kami merayapi web tersebut.

Untuk meminta Google agar merayapi URL di situs yang Anda miliki, kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url/. Akan tetapi, jika Anda memiliki situs, kami menyarankan agar Anda mengikuti proses di bawah.

Jika Anda telah menambahkan URL ke situs Anda, atau sebuah laman telah berubah secara signifikan sejak terakhir kali dirayapi, Anda dapat meminta Google untuk merayapinya. (Namun, Google tidak menjamin bahwa kami akan mengindeks setiap URL yang kami rayapi.)

Meminta Google untuk merayapi laman atau situs:

  1. Pada Beranda Alat Webmaster, klik situs yang diinginkan.
  2. Pada Dasbor, dalam Diagnostik, klik Ambil sebagai Googlebot.
  3. Dalam kotak teks, ketikkan jalur ke laman yang ingin Anda periksa.
  4. Pada daftar tarik-turun, pilih Web. (Anda dapat memilih jenis laman lain, tetapi saat ini kami hanya menerima kiriman untuk indeks Penelusuran Web kami.)
  5. Klik Ambil. Google akan mengambil URL yang Anda minta. Proses ini bisa berlangsung hingga 10 atau 15 menit sampai status Ambil diperbarui.
  6. Setelah melihat status Ambil “Berhasil”, klik Kirim ke Indeks, kemudian klik salah satu dari hal berikut:
    • Untuk mengirimkan URL individual ke indeks Google, pilih URL dan klik Kirim. Anda dapat mengirimkan hingga 500 URL setiap minggu dengan cara ini.
    • Untuk mengirimkan URL dan semua laman yang ditautkan dari sini, klik URL dan semua laman yang ditautkan. Anda dapat mengirimkan hingga 10 permintaan setiap bulannya.

Crawl errors

  1. 1.   Galat server

Googlebot tidak dapat mengakses URL Anda, waktu permintaan habis, atau situs Anda sedang sibuk. Akibatnya, Googlebot terpaksa membatalkan permintaan.

Waktu muat laman yang berlebihan, yang menyebabkan kehabisan waktu, dapat disebabkan oleh hal berikut:

  • Laman dinamis membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menanggapi. Jika server sibuk, mungkin server memunculkan status kelebihan beban untuk meminta Googlebot agar merayapi situs dengan lebih pelan. Pada umumnya, sebaiknya Anda membuat parameter tetap pendek dan menggunakannya dengan efektif. Jika Anda yakin tentang cara parameter bekerja di situs, Anda dapat memberi tahu Google bagaimana kami seharusnya menangani parameter ini.
  • Server penginangan situs Anda sedang lambat, kelebihan beban, atau salah konfigurasi. Jika masalah masih terjadi, periksa penginang web, dan pertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan situs Anda guna menangani lalu lintas.

Situs Anda juga dapat mencekal Google, baik disengaja maupun tidak. Pada umumnya, hal ini dapat disebabkan oleh masalah konfigurasi DNS, atau kadang-kadang, firewall atau sistem perlindungan DoS yang salah dikonfigurasi (biasanya sistem pengelolaan konten situs). Sistem perlindungan merupakan bagian penting penginangan yang baik dan sering kali dikonfigurasikan untuk mencekal permintaan server yang sangat tidak biasa secara otomatis. Akan tetapi, karena Googlebot lebih sering meminta daripada pengguna manusia, tindakan ini dapat memicu sistem perlindungan tersebut, yang menyebabkannya mencekal Googlebot dan mencegahnya merayapi situs web.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, identifikasi bagian mana dari infrastruktur situs web Anda yang mencekal Googlebot dan hentikan pencekalan itu. Mungkin Anda tidak dapat mengontrol firewall, sehingga Anda harus membicarakannya dengan penyedia hosting.

Beberapa master web mencegah Googlebot merayapi situs webnya dengan sengaja, mungkin menggunakan firewall seperti yang disebutkan di atas. Dalam keadaan ini, maksudnya bukan untuk mencekal Googlebot sepenuhnya, namun untuk mengontrol cara situs dirayapi dan diindeks. Dalam hal ini, periksa yang berikut:

  1. 2.   Galat otorisasi

Pada umumnya, Google menemukan konten dengan mengikuti tautan dari satu laman ke laman lainnya. Untuk merayapi sebuah laman, Googlebot harus dapat mengakses laman tersebut. Jika Anda melihat galat izin Otorisasi yang tidak diharapkan, mungkin disebabkan oleh alasan berikut:

  • Googlebot tidak dapat mengakses URL di situs Anda karena situs mengharuskan pengguna agar masuk untuk melihat semua atau beberapa konten. (Kiat: Anda dapat mengakalinya dengan menghapus persyaratan ini untuk Googlebot agen-pengguna.)
  • Berkas robots.txt Anda mencekal Google mengakses keseluruhan situs atau URL maupun direktori individu Anda.
    • Uji apakah robots.txt Anda bekerja seperti yang diharapkan. Alat Uji robots.txt memungkinkan Anda melihat bagaimana sebenarnya Googlebot akan menginterpretasi konten berkas robots.txt Anda. Agen-pengguna Google adalah Googlebot. (Cara memverifikasi bahwa agen-pengguna benar-benar Googlebot.)
    • Alat Ambil sebagai Googlebot membantu Anda memahami dengan pasti bagaimana situs Anda dilihat oleh Googlebot. Alat ini akan sangat berguna saat memecahkan masalah dengan konten situs Anda atau kemampuan untuk dapat ditemukan di hasil penelusuran.
  • Server Anda mengharuskan pengguna mengautentikasi menggunakan proxy, atau penyedia hosting Anda mungkin mencekal Google mengakses situs Anda.
  1. 3.   Galat konektivitas server

Googlebot tidak dapat mengakses situs Anda karena waktu permintaan telah habis atau karena situs Anda mencekal Google. Akibatnya, Googlebot terpaksa membatalkan permintaan.

Waktu muat laman yang berlebihan, yang menyebabkan kehabisan waktu, dapat disebabkan oleh hal berikut:

  • Laman dinamis membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menanggapi. Jika server sibuk, mungkin server memunculkan status kelebihan beban untuk meminta Googlebot agar merayapi situs dengan lebih pelan. Pada umumnya, sebaiknya Anda membuat parameter tetap pendek dan menggunakannya dengan efektif. Jika Anda yakin tentang cara parameter bekerja di situs, Anda dapat memberi tahu Google bagaimana kami seharusnya menangani parameter ini.
  • Server penginangan situs Anda sedang lambat, kelebihan beban, atau salah konfigurasi. Jika masalah masih terjadi, periksa penginang web, dan pertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan situs Anda guna menangani lalu lintas.

Situs Anda juga dapat mencekal Google, baik disengaja maupun tidak. Pada umumnya, hal ini dapat disebabkan oleh masalah konfigurasi DNS, atau kadang-kadang, firewall atau sistem perlindungan DoS yang salah dikonfigurasi (biasanya sistem pengelolaan konten situs). Sistem perlindungan merupakan bagian penting penginangan yang baik dan sering kali dikonfigurasikan untuk mencekal permintaan server yang sangat tidak biasa secara otomatis. Akan tetapi, karena Googlebot lebih sering meminta daripada pengguna manusia, tindakan ini dapat memicu sistem perlindungan tersebut, yang menyebabkannya mencekal Googlebot dan mencegahnya merayapi situs web.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, identifikasi bagian mana dari infrastruktur situs web Anda yang mencekal Googlebot dan hentikan pencekalan itu. Mungkin Anda tidak dapat mengontrol firewall, sehingga Anda harus membicarakannya dengan penyedia hosting.

Beberapa master web mencegah Googlebot merayapi situs webnya dengan sengaja, mungkin menggunakan firewall seperti yang disebutkan di atas. Dalam keadaan ini, maksudnya bukan untuk mencekal Googlebot sepenuhnya, namun untuk mengontrol cara situs dirayapi dan diindeks. Dalam hal ini, periksa yang berikut:

  1. 4.   Galat Soft 404

Biasanya, ketika seseorang meminta laman yang tidak ada, server akan memunculkan galat 404 (not found). Kode tanggapan HTTP ini memberi tahu dengan jelas bagi peramban dan mesin telusur bahwa laman tidak ada. Akibatnya, konten laman (jika ada) tidak akan dirayapi atau diindeks oleh mesin telusur.

Tentang soft 404

Selain memunculkan kode 404 sebagai tanggapan atas permintaan untuk laman yang tidak ada, server juga akan memunculkan laman 404. Laman ini mungkin adalah pesan standar “File Not found”, atau mungkin laman ubahsuaian yang dirancang untuk memberikan informasi tambahan kepada pengguna.

Konten laman sepenuhnya tidak terkait dengan tanggapan HTTP yang dimunculkan server. Hanya karena laman menampilkan pesan 404 File Not Found, bukan berarti ini adalah laman 404. Laman ini seperti seekor jerapah yang memakai tag nama yang bertuliskan “anjing”. Hanya karena tag nama itu menyatakan anjing, bukan berarti itu benar-benar anjing. Demikian pula, hanya karena laman terbaca 404, bukan berarti server memunculkan 404. Anda dapat menggunakan Ambil sebagai Googlebot (atau alat lain yang tersedia di web) untuk memverifikasi bahwa URL memunculkan kode yang benar.

Memunculkan kode selain 404 atau 410 untuk laman yang tidak ada (atau mengalihkan pengguna ke laman lain, seperti beranda, dan tidak memunculkan 404) dapat menjadi masalah. Pertama, laman seperti ini (disebut “soft” 404) memberi tahu mesin telusur bahwa ada laman sebenarnya di URL tersebut. Akibatnya, URL tersebut mungkin dirayapi dan kontennya diindeks. Karena waktu yang dihabiskan Googlebot pada laman yang tidak ada, URL unik Anda mungkin tidak ditemukan secepat atau dikunjungi sesering yang semestinya, sehingga cakupan perayapan situs Anda mungkin terkena dampak (selain itu, Anda mungkin tidak ingin situs Anda berperingkat cukup tinggi untuk kueri penelusuran [File not found]).

Sebaiknya Anda selalu memunculkan kode tanggapan 404 (Not found) atau 410 (Gone) sebagai tanggapan untuk permintaan laman yang tidak ada. Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan mengonfigurasi situs untuk menampilkan laman 404 ubahsuaian saat memunculkan kode tanggapan 404. Misalnya, Anda dapat membuat laman yang berisi daftar laman Anda yang paling populer, atau tautan ke laman beranda Anda, atau tautan umpan balik. Anda juga dapat menggunakan Alat Masterweb Gawit 404 ubahsuaian untuk menambahkan kotak telusur dan opsi penelusuran situs lainnya ke situs Anda. Tetapi, perlu diingat bahwa membuat laman yang menampilkan pesan 404 tidaklah cukup. Anda juga harus memunculkan kode tanggapan HTTP 404 atau 410 yang benar.

  1. 5.   Galat perayapan

Laman Galat perayapan memberikan detail tentang URL pada situs Anda yang telah dicoba dirayapi, tetapi tidak dapat diakses. Laman galat perayapan Seluler memberikan detail tentang masalah yang kami hadapi saat merayapi URL pada situs web seluler Anda.

Untuk melihat galat perayapan:

  1. Pada Beranda Alat Webmaster, klik situs yang diinginkan.
  2. Pada Diagnostik, klik Galat perayapan.

Jika Anda telah mengirimkan Peta Situs Warta, Anda juga dapat melihat detail tentang Galat Peta Situs khusus Warta.

Laman ini berisi dua jenis galat.

  • Galat situs: Bagian ini mencantumkan galat yang membuat Googlebot sama sekali tidak dapat mengakses situs Anda
  • Galat URL: Bagian ini mencantumkan galat yang dihadapi oleh Googlebot saat mencoba merayapi URL tertentu.

Sebagai tambahan daftar URL mana pun yang sulit kami rayapi, kami mendaftar jenis masalah dan, jika mungkin, mendaftar laman tempat kami menemukan galat tersebut. URL yang paling penting dicantumkan paling awal.

Untuk melihat informasi lain tentang galat tertentu, klik URL yang tercantum. Lalu:

  • Untuk melihat daftar Peta Situs (yang mungkin tidak lengkap) termasuk URL ini, klik Di Peta Situs ini.
  • Untuk melihat daftar laman sumber (yang mungkin tidak lengkap) berisi URL tersebut, klik Ditautkan dari laman ini.
  • Untuk melihat konten laman seperti yang dilihat Google, klik Ambil sebagai Googlebot. Ambil sebagai Googlebot adalah alat yang berguna untuk memecahkan masalah dengan laman Anda.

Jika Anda telah mengatasi masalah yang menyebabkan galat untuk URL tertentu, Anda dapat menyembunyikan URL tersebut dari daftar. Pilih kotak centang di samping URL, lalu klik Tandai sebagai yang sudah diperbaiki. URL akan dihapus dari daftar. (Namun, perlu diperhatikan bahwa jika masalah masih tidak terselesaikan, URL akan muncul lagi dalam daftar saat nanti Googlebot merayapinya lagi.)

Catatan: Kami tidak bisa mencantumkan informasi tentang URL yang belum kami rayapi.

  1. 6.   DNS

Googlebot tidak merayapi URL Anda karena kami tidak dapat berkomunikasi dengan server DNS, atau karena server Anda tidak memiliki entri untuk situs. Hal ini mungkin terjadi karena server sedang ngadat, atau karena ada masalah dengan routing DNS ke domain Anda. Periksa kembali nanti. Jika masalah berlanjut, hubungi penyedia DNS Anda (yang sering kali, namun tidak selalu, penginang web Anda).

Anda dapat menggunakan Ambil sebagai Googlebot untuk memeriksa apakah Googlebot saat ini dapat merayapi situs Anda. Jika Ambil sebagai Googlebot memunculkan konten beranda Anda tanpa masalah, Anda dapat berasumsi bahwa Googlebot dapat mengakses situs Anda dengan semestinya.

Meskipun kebanyakan peringatan atau galat DNS tidak memengaruhi kemampuan Googlebot untuk mengakses situs Anda, mungkin ini adalah gejala latensi yang tinggi, yang dapat berdampak negatif terhadap pengguna.

Masalah umum

Situs web dapat dikonfigurasi untuk menanggapi semua permintaan subdomain. Misalnya, situs web di example.com dapat dikonfigurasi agar menanggapi permintaan untuk foo.example.com, nama-samaran.example.com dan semua subdomain lainnya. Untuk beberapa situs, yang seperti ini memang masuk akal—misalnya, dalam keadaan saat situs dengan konten yang dibuat pengguna ingin memberikan domain sendiri untuk tiap akun (http://www.example.com/namapengguna). Akan tetapi, dalam beberapa keadaan, jenis konfigurasi seperti ini dapat menyebabkan konten digandakan dengan percuma di seluruh nama inang yang berbeda, dan ini dapat memengaruhi perayapan Googlebot.

Untuk meminimalkan masalah penyiapan DNS karakter pengganti, konfigurasikan situs web Anda untuk tidak menggunakannya, atau konfigurasikan server Anda untuk tidak menanggapi nama inang yang tidak ada, baik dengan menolak sambungan atau pun dengan memunculkan kode status HTTP galat, misalnya 404 atau 500.

  1. 7.   Galat perayapan khusus Warta

Pelajari selengkapnya

Agar dapat melihat laporan galat khusus Google Warta, penerbit berita perlu menyertakan situs mereka di Google Warta, membuat akun Alat Masterweb, dan menambahkan situs mereka ke dalamnya. Hubungi kami untuk meminta penyertaan di Google Warta. Setelah hal ini selesai, ikuti langkah di bawah:

  • Pada laman Beranda, klik URL situs.
  • Pada Dasbor, klik Diagnostik > Galat perayapan.
  • Klik tab Warta.
  • Klik tautan Khusus Warta.

Galat khusus Warta meliputi:

Artikel yang sangat pendek

Penjelasan

Badan artikel yang kami ekstrak dari laman HTML terlalu sedikit jika dibandingkan dengan kumpulan teks lain tanpa tautan di laman. Ini berlaku untuk kebanyakan laman yang berisi berita singkat atau konten multimedia, dan bukan artikel berita sepenuhnya. Kami membuat galat ini untuk menghindari pemuatan teks yang bisa jadi tidak benar.

Saran

Masalah ini sering kali disebabkan oleh:

  • Terlalu banyak penggalan untuk artikel terkait – untuk membantu ekstraktor kami, pertimbangkan untuk menjadikan penggalan ini dapat diklik.
  • Fitur seperti ‘Kirim artikel ini ke teman’ dengan uraian yang panjang – pertimbangkan untuk menyetel gaya “display:none” atau “visibility:hidden” untuk membuat teks tidak terlihat atau menulis kode HTML dengan JavaScript secara dinamis.
  • Komentar pengguna – pertimbangkan untuk menyertakan komentar dalam sebuah iframe, mengambilnya dengan AJAX secara dinamis, atau memindahkannya ke laman yang bersebelahan.

Jika tak ada satu pun yang dapat mengatasi galat, beri tahu kami.

Artikel dipisah-pisah

Penjelasan

Badan artikel yang kami ekstrak dari laman HTML terdiri atas kalimat terpisah yang tidak disatukan dalam paragraf. Kami membuat galat ini untuk menghindari pemuatan teks yang bisa jadi tidak benar.

Saran

  • Cobalah untuk memformat artikel Anda ke dalam paragraf teks yang masing-masing berisi beberapa kalimat.
  • Pastikan kalimat Anda diberi tanda baca dengan baik.
  • Jangan terlalu sering menggunakan tag <br> dan <p> dalam paragraf, serta cobalah menghindari pemecahan badan artikel secara umum.
  • Pertimbangkan untuk menghapus beberapa teks bukan artikel dari laman artikel.

Jika tak ada satu pun yang dapat mengatasi galat, beri tahu kami.

Artikel terlalu panjang

Penjelasan

Badan artikel yang kami ekstrak dari laman HTML tampaknya terlalu panjang sebagai artikel berita. Kami membuat galat ini untuk menghindari pemuatan teks yang bisa jadi tidak benar. Penyebab umumnya meliputi artikel berita yang berisi komentar dari pengguna di bawah artikel, atau tata letak HTML yang memuat materi lain selain artikel berita itu sendiri.

Saran

Pertimbangkan untuk menghapus beberapa teks bukan artikel dari laman artikel. Jika laman artikel berisi komentar pengguna, pertimbangkan salah satu opsi berikut:

  • menyertakannya dalam iframe.
  • mengambilnya dengan AJAX secara dinamis.
  • memindahkan bagian komentar ke laman yang bersebelahan.

Jika tak ada satu pun yang dapat mengatasi galat, beri tahu kami.

Artikel terlalu pendek

Penjelasan

Badan artikel yang kami ekstrak dari laman HTML memuat kata yang terlalu sedikit sebagai artikel berita. Ini berlaku untuk kebanyakan laman yang berisi berita singkat atau konten multimedia, dan bukan artikel berita sepenuhnya. Kami membuat galat ini untuk menghindari pemuatan teks yang bisa jadi tidak benar.

Saran

  • Cobalah untuk memformat artikel Anda ke dalam paragraf teks yang masing-masing berisi beberapa kalimat. Jika konten artikel berisi kata yang terlalu sedikit untuk menjadi sebuah artikel berita, kami tidak dapat menyertakannya.
  • Pastikan artikel Anda berisi lebih dari 80 kata.

Jika tak ada satu pun yang dapat mengatasi galat, beri tahu kami.

Tanggal tidak ditemukan

Penjelasan

Kami tidak dapat menentukan tanggal publikasi artikel.

Saran

Ikuti saran pemformatan tanggal di bawah:

  • Letakkan tanggal dan waktu yang jelas untuk setiap artikel Anda di antara judul artikel dan teks artikel di baris yang terpisah dari HTML. Tanggal harus menentukan kapan artikel pertama kali dipublikasikan.
  • Hapus semua tanggal lain dari HTML laman artikel sehingga perayap tidak akan salah dalam menentukan waktu publikasi yang benar.
  • Jika Anda ingin menggunakan metatag tanggal, hubungi kami terlebih dahulu. Tag meta tanggal harus dalam bentuk: <meta name=”DC.date.issued” content=”YYYY-MM-DD”>, dengan tanggal dalam format W3C, yang menggunakan format “tanggal lengkap” (YYYY-MM-DD), atau format “tanggal lengkap dengan jam, menit, dan detik” (YYYY-MM-DDThh:mm:ssTZD) dengan akhiran zona waktu.
  • Membuat Peta Situs Warta. Tag <publication_date> akan memastikan agar kami dapat memilih tanggal yang benar untuk artikel Anda.

Tanggal terlalu lama

Penjelasan

Tanggal yang ditentukan untuk artikel ini, baik dari tag <publication_date> di Peta Situs, atau dari tanggal di HTML laman sendiri, terlalu lama.

Saran

  • Pastikan artikel Anda berumur kurang dari 2 hari. Saat ini kami hanya mengumpulkan artikel yang berumur 2 hari atau kurang.
  • Ikuti saran pemformatan tanggal di atas.

Artikel kosong

Penjelasan

Badan artikel yang kami ekstrak dari laman HTML kosong.

Saran

  • Pastikan teks lengkap setiap artikel Anda tersedia dalam kode sumber laman artikel (dan tidak disematkan dalam berkas JavaScript atau iframe misalnya).
  • Pastikan Anda tidak menggunakan gaya dalam kode sumber artikel Anda seperti “display:none” atau “visibility:hidden”.
  • Pastikan tautan ke artikel Anda mengarah langsung ke laman artikel dan bukan ke laman perantara menggunakan pengalihan Javascript.

Ekstraksi gagal

Penjelasan

Kami tidak dapat mengekstrak artikel dari laman. Ekstraksi gagal saat kami tidak dapat mengidentifikasi judul, badan, dan stempel waktu artikel yang valid. Kami mendaftarkan URL dengan galat ini untuk memberikan Anda informasi mengenai mengapa beberapa artikel bisa tidak muncul di Google Warta.

Saran

  • Pastikan judul, badan, dan stempel waktu Anda mudah dirayapi (misalnya tersedia dalam bentuk teks, bukan gambar), tetapi saat ini, galat ini utamanya untuk tujuan informasi saja. Kami bekerja dengan aktif untuk meningkatkan metode ekstraksi sehingga Anda tidak akan sering melihat galat ini.
  • Kirimkan Peta Situs Warta.

Tag meta tanggal tidak valid

Penjelasan

Laman HTML berisi tag <meta> tanggal yang tidak dapat kami urai.

Saran

Tag meta tanggal harus dalam bentuk: <meta name=”DC.date.issued” content=”YYYY-MM-DD”>, dengan tanggal dalam format W3C http://www.w3.org/TR/NOTE-datetime), yang menggunakan format “tanggal lengkap” (YYYY-MM-DD), atau format “tanggal lengkap dengan jam, menit, dan detik” (YYYY-MM-DDThh:mm:ss) dengan fraksi opsional dan akhiran zona waktu. Tanggal harus menentukan kapan artikel pertama kali dipublikasikan.

Tidak ada tautan

Penjelasan

Googlebot-Warta tidak menemukan satu pun tautan ke artikel berita yang valid di laman. Galat ini hanya berlaku untuk laman bagian berita.

Saran

  • Pastikan URL artikel Anda berisi sedikitnya angka 3 digit seperti yang ditentukan dalam pedoman berikut. Jika tidak, pertimbangkan untuk mengirimkan artikel Anda melalui Peta Situs Warta.
  • Pastikan artikel Anda terletak di dalam domain situs yang berada di Google Warta.
  • Periksa laman yang menyebabkan galat dan pastikan laman ini berisi tautan yang dapat dirayapi ke artikel berita. Googlebot-Warta paling baik untuk menelusuri tautan HTML dan tidak dapat menelusuri tautan gambar atau tautan yang tersemat di JavaScript. Lihat Pedoman Masterweb dan kiat untuk membuat situs ramah Google untuk informasi tentang cara memastikan agar tautan Anda dapat dirayapi.

Tidak ada kalimat

Penjelasan

Badan artikel yang kami ekstrak dari laman HTML tidak memuat rangkaian kata yang memiliki tanda baca. Kami membuat galat ini untuk menghindari pemuatan bagian teks yang bisa jadi tidak benar.

Saran

  • Konten artikel ini tidak memiliki rangkaian kata dengan tanda baca, kami tidak dapat menyertakannya di Google Warta. Pastikan teks artikel Anda terdiri dari kalimat, dan jangan terlalu sering menggunakan tag <br> atau <p> dalam paragraf.
  • Pastikan teks lengkap setiap artikel Anda tersedia dalam kode sumber laman artikel (dan tidak disematkan dalam berkas JavaScript misalnya).
  • Pastikan tautan ke artikel Anda mengarah langsung ke laman artikel dan bukan ke laman perantara menggunakan pengalihan JavaScript.

Ditemukan tag noindex

Penjelasan

Laman HTML artikel memuat tag “noindex” <meta>, yang melarang Google mengindeks laman.

Saran

Hapus tag “noindex” <meta> dari laman artikel Anda.

Pengalihan ke luar situs

Penjelasan

Laman bagian atau artikel dialihkan ke URL di domain yang berbeda.

Saran

  • Semua laman bagian dan artikel harus diletakkan dalam domain situs yang tercantum dalam Google Warta.
  • Jika Anda tidak menggunakan pengalihan ke luar situs, pastikan situs Anda tidak dimodifikasi oleh pihak ketiga. Baca selengkapnya tentang situs yang diretas.

Laman terlalu besar

Penjelasan

Panjang bagian atau laman artikel melampaui batas maksimum yang diperbolehkan.

Saran

Laman sumber HTML dapat memuat hingga 256 KB.

Judul tidak diperbolehkan

Penjelasan

Judul yang kami ekstrak dari laman HTML menandakan bahwa itu bukan artikel berita.

Saran

Sering kali masalah ini dapat diperbaiki dengan menyetel tag <judul> di laman HTML menjadi judul artikel, dan mengulang judul di tempat yang mencolok dalam laman HTML, misalnya di tag <h1>. Baca selengkapnya tentang judul.

Tidak ada judul

Penjelasan

Kami tidak dapat mengekstrak judul artikel dari laman HTML.

Saran

  • Ikuti saran pemformatan judul kami.
  • Untuk memastikan bahwa judul artikel Anda tampil dengan semestinya di perangkat seluler, jangan awali teks jangkar judul dengan angka (yang kadang-kadang berhubungan dengan tombol akses).

Gagal membuka kompresi

Penjelasan

Googlebot-Warta mendeteksi bahwa laman dikompresi, namun tidak dapat membukanya. Ini dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk atau pemrograman maupun konfigurasi server web yang buruk.

Saran

Periksa jaringan/server web Anda.

Jenis konten yang tidak didukung

Penjelasan

Laman memiliki jenis konten HTTP yang tidak didukung Google Warta.

Saran

Artikel harus memiliki jenis konten text/html, text/plain, atau application/xhtml+xml.

Tidak diikuti

Kategori ini mencantumkan URL yang tidak dapat Google ikuti sepenuhnya, serta beberapa alasannya. Berikut beberapa alasan mengapa Googlebot tidak dapat mengikuti URL di situs Anda:

Flash, JavaScript, konten aktif

Beberapa fitur seperti JavaScript, kuki, ID sesi, frame, DHTML, atau Flash dapat mempersulit mesin telusur untuk merayapi situs Anda. Periksa hal-hal berikut:

  • Gunakan peramban teks seperti Lynx untuk memeriksa situs Anda, karena banyak mesin telusur yang melihat situs Anda seperti Lynx. Jika fitur seperti JavaScript, kuki, ID sesi, frame, DHTML, atau Flash menghambat Anda melihat semua bagian situs dalam peramban teks, maka spider mesin telusur mungkin mengalami masalah saat merayapi situs Anda.
  • Gunakan Ambil sebagai Googlebot untuk melihat bagaimana sebenarnya Google melihat situs Anda.
  • Jika Anda menggunakan laman dinamis (misalnya, jika URL Anda berisi karakter ?), perlu diketahui bahwa tidak semua spider mesin telusur akan merayapi laman dinamis dan statis. Pada umumnya, sebaiknya Anda membuat parameter tetap pendek dan menggunakannya dengan efektif. Jika Anda yakin tentang cara parameter bekerja di situs Anda, Anda dapat memberi tahu Google bagaimana kami seharusnya menanganinya.

Pengalihan

  • Jika Anda mengarahkan dari satu laman ke laman lain secara permanen, pastikan situs Anda memunculkan kode status HTTP yang benar (301 Dipindahkan Secara Permanen).
  • Bila mungkin, gunakan tautan absolut dan bukan relatif. (Contoh, saat menautkan laman lain ke situs Anda, tautkan ke http://www.example.com/mypage.html dan bukan hanya mypage.html).
  • Cobalah untuk membuat setiap laman situs Anda dapat dijangkau setidaknya dari satu tautan teks statis. Pada umumnya, minimalkan jumlah pengalihan yang diperlukan untuk mengikuti tautan dari satu laman ke laman lain.
  • Periksa bahwa pengalihan Anda menuju ke laman yang benar! Terkadang kami menemukan pengalihan yang menuju ke dirinya sendiri (yang berakibat pada galat simpul) atau ke URL yang tidak valid.
  • Jangan sertakan URL yang dialihkan dalam Peta Situs Anda.
  • Jadikan URL Anda sependek mungkin. Pastikan Anda tidak menambahkan informasi (seperti ID sesi) secara otomatis ke URL pengalihan Anda.
  • Pastikan situs Anda memungkinkan bot penelusuran untuk merayapi situs Anda tanpa ID sesi atau argumen yang melacak jalurnya melalui situs.

Kegagalan robot

Sebelum merayapi situs Anda, Googlebot mengakses berkas robots.txt Anda untuk menentukan apakah situs mencekal Google dari merayapi laman atau URL apa pun. Jika berkas robots.txt Anda ada namun tidak terjangkau (dengan kata lain, jika berkas ini tidak memunculkan kode status HTTP 200 atau 404), kami akan menunda perayapan dan tidak mengambil risiko untuk merayapi URL yang tidak diperbolehkan. Jika ini terjadi, Googlebot akan kembali ke situs Anda dan merayapinya segera setelah kami dapat mengakses berkas robots.txt Anda dengan sukses. Informasi selengkapnya tentang protokol pengecualian robot.

(Anda hanya memerlukan berkas robots.txt jika situs Anda menyertakan konten yang tidak ingin disertakan dalam pengindeksan oleh mesin telusur. Jika Anda ingin mesin telusur mengindeks semuanya dalam situs Anda, maka Anda tidak memerlukan berkas robots.txt—bahkan juga berkas yang kosong. Jika Anda tidak memiliki berkas robots.txt, server Anda akan memunculkan 404 saat Googlebot memintanya, dan kami akan melanjutkan merayapi situs. Tidak masalah.)

 

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” atau “search engine optimizer.” Dengan menggunakan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. Pastikan meneliti kemungkinan keuntungan serta kelemahan yang dapat ditimbulkan oleh SEO yang tidak bertanggung jawab terhadap situs Anda. Banyak SEO dan agen serta konsultan lain yang menyediakan layanan berguna untuk pemilih situs web, meliputi:

  • Ulasan tentang konten atau struktur situs Anda
  • Saran teknis tentang pengembangan situs web: misalnya, hosting, pengalihan, laman galat, penggunaan JavaScript
  • Pengembangan konten
  • Manajemen kampanye pengembangan bisnis online
  • Penelitian kata kunci
  • Pelatihan SEO
  • Keahlian dalam pasar dan geografis tertentu.

Perlu diingat bahwa laman hasil telusur Google sering menyertakan hasil telusur iklan berbayar dan hasil telusur organik gratis. Perlu diingat bahwa laman hasil telusur Google menyertakan hasil telusur organik dan biasanya juga iklan berbayar (yang ditandai dengan judul “Sponsored Links”). Beriklan dengan Google tidak akan mempengaruhi kemunculan situs Anda dalam hasil telusur kami. Google tidak menerima bayaran untuk menyertakan atau memeringkat situs dalam hasil telusur kami, dan kemunculan secara cuma-cuma dalam hasil telusur organik kami. Sumber gratis seperti Alat Webmaster, bolg resmi Pusat Webmaster, dan forum diskusi kami dapat menyediakan banyak informasi tentang cara mengoptimalkan situs Anda untuk penelusuran organik. Banyak dari sumber-sumber gratis ini, serta informasi tentang pencarian berbayar, dapat ditemukan di Google Webmaster Central.

Sebelum mulai mencari SEO, alangkah baiknya Anda memahami dan mengenali dahulu cara kerja mesin telusur. Kami sarankan memulainya di sini:

Jika Anda berencana menggunakan jasa SEO, maka lebih cepat lebih baik. Waktu paling tepat untuk menggunakan jasa SEO adalah saat Anda berencana mendesain ulang situs, atau ingin meluncurkan situs baru. Dengan cara itu, Anda dan SEO Anda dapat memastikan bahwa Anda merancang situs yang mudah dikenali mesin telusur. Akan tetapi, SEO yang baik adalah yang juga dapat meningkatkan situs yang sudah ada.

Beberapa pertanyaan berguna untuk SEO meliputi:

  • Dapatkah Anda menunjukkan kepada saya contoh kerja Anda sebelumnya dan ceritakan beberapa kisah sukses?
  • Apakah Anda mematuhi Petunjuk Google Webmaster?
  • Apakah Anda menawarkan layanan atau informasi pemasaran online untuk melengkapi bisnis pencarian organik Anda?
  • Jenis hasil pencarian apakah yang ingin Anda lihat, dan dalam batasan waktu apa? Bagaimana Anda mengukur keberhasilan Anda?
  • Apa pengalaman Anda dalam industri saya?
  • Apa pengalaman Anda dalam negara/kota saya?
  • Apa pengalaman Anda dalam mengembangkan situs internasional?
  • Apa Teknik SEO Anda yang paling penting?
  • Sudah berapa lama Anda bekerja dalam bisnis ini?
  • Bagaimana saya menghubungi Anda? Apakah Anda bersedia memberitahu semua perubahan yang Anda buat pada situs saya, dan menyediakan informasi rinci tentang rekomendasi Anda dan semua alasannya?

Mespikun banyak SEO yang memberikan layanan yang bernilai kepada klien, tapi ada beberapa SEO yang tidak bertanggung jawab yang telah mencederai industri ini dengan tindakan pemasaran yang sangat agresif dan tindakan manipulasi terhadap hasil mesin telusur dengan cara-cara yang tidak adil. Praktik yang melanggar petunjuk kami dapat menyebabkan penilaian negatif terhadap keberadaan situs Anda di Google, atau bahkan penghapusan situs Anda dari indeks kami. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Berhati-hatilah dengan perusahaan SEO dan konsultan atau agen web yang mengirimi Anda email yang tidak diharapkan.

Dan yang mengejutkan, kami pun mendapatkan email spam ini:

“Dear google.com,
I visited your website and noticed that you are not listed in most of the major search engines and directories…”

Reserve the same skepticism for unsolicited email about search engines as you do for “burn fat at night” diet pills or requests to help transfer funds from deposed dictators.

  • Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google.

Hati-hatilah dengan SEO yang mengaku dapat menjamin peringkat, menyatakan “memiliki hubungan khusus” dengan Google, atau mengiklankan “pengiriman prioritas” ke Google. Tidak ada pengiriman prioritas untuk Google. Sebenarnya, satu-satunya cara mengirimkan situs ke Google langsung adalah melalui laman Add URL kami atau dengan mengirimkan peta situs dan Anda dapat melakukannya secara cuma-cuma.

  • Berhati-hatilah dengan perusahaan yang bersifat rahasia atau tidak memberitahu dengan jelas apa yang akan dilakukan.

Mintalah penjelasan jika ada yang tidak jelas. Jika SEO membuat konten palsu atau yang tidak benar atas nama Anda, seperti laman doorway atau atau domain “throwaway”, situs Anda akan dihapus sepenuhnya dari indeks Google. Pada akhirnya, Anda bertanggung jawab atas tinfakan perusahaan yang Anda gunakan jasanya, jadi alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana mereka akan membantu Anda.

  • Anda tidak perlu memasang tautan ke SEO.

Hindari SEO yang mengatakan tentang kekuatan tautan “gratis untuk semua”, rancangan popularitas tautan, atau mengirimkan situs Anda ke ribuan mesin telusur. Ini adalah praktik yang tidak berguna yang tidak mempengaruhi peringkat Anda dalam hasil telusur dari mesin telusur pada umumnya — setidaknya, tidak sesuai dengan harapan Anda.

  • Pilih sebijaksana mungkin.

Jika Anda berencana memanfaatkan jasa SEO, sebaiknya lakukan beberapa riset tentang industri tersebut. Sudah tentu, Google adalah salah satu cara untuk melakukannya. Anda juga perlu membaca beberapa informasi peringatan yang ada di media masa, termasuk artikel ini tentang SEO yang cukup agresif: http://seattletimes.nwsource.com/html/businesstechnology/2002002970_nwbizbriefs12.html. Tanpa bermaksud mengomentari perusahaan tertentu, Google menemukan beberapa perusahaan yang mengaku sebagai SEO yang melakukan praktik yang tidak dapat diterima dalam bisnis ini. Berhati-hatilah.

  • Anda harus mengerti ke mana uang Anda mengalir.

Sementara Google tidak pernah menjual peringkat yang lebih baik dalam hasil telusur kami, ada beberapa mesin telusur lain yang mengombinasikan hasil telusur pay-per-click atau pay-for-inclusion dengan hasil telusur web regulernya. Beberapa SEO menjanjikan akan memberi Anda peringkat tinggi dalam mesin telusur, tapi menempatkan Anda dalam bagian periklanan dan bukan dalam hasil telusur. Beberapa SEO bahkan mengubah harga tawarannya secara waktu nyata untuk menunjukkan seakan-akan mereka memiliki “kendali” atas mesin telusur lain dan dapat menempatkan dirinya sesuai keinginan. Tipuan ini tidak berpengaruh terhadap Google karena iklan kami berlabel jelas dan terpisah dari hasil telusur kami, tapi pastikan menanyakan kepada SEO tentang biaya untuk inklusi permanen dan yang digunakan untuk iklan sementara.

  • Penyalahgunaan apa yang paling sering ditemui pemilik situs web?

Salah satu penipuan yang umum adalah pembuatan domain “bayangan” yang mengarahkan pengguna ke suatu situs menggunakan pengalihan palsu. Domain bayangan ini sering kali adalah domain milik SEO yang mengaku bekerja atas nama klien. Akan tetapi, jika terjadi hubungan tidak baik, SEO akan mengarahkan domain ke situs lain, atau bahkan ke domain kompetitor. Jika itu terjadi, klien harus membayar untuk mengembangkan situs saingan yang dimiliki sepenuhnya oleh SEO.

Praktik terlarang lainnya adalah memasang laman “doorway” yang dijejali kata kunci pada situs klien. SEO menjanjikan membuat laman lebih relevan dengan berbagai pencarian. Hal ini salah karena setiap laman jarang sekali relevan dengan kata kunci yang sangat banyak pilihannya. Tetapi, yang lebih berbahaya adalah bahwa laman doorway tersebut sering kali mengandung tautan berbahaya ke klien lain SEO juga. Laman doorway seperti itu dapat menguras popularitas tautan link suatu situs dan mengarahkannya ke SEO serta kliennya, yang dapat menjadikan situs ini tidak layak atau ilegal.

  • Hal lain apa yang perlu diwaspadai?

Ada beberapa tanda peringatan yang perlu Anda perhatikan dari SEO yang tidak bertanggung jawab. Daftar ini masuh jauh dari lengkap, jadi jika Anda ragu-ragu, percayalah pada naluri Anda. Sudah tentu, menjauhlah jika SEO:

  • memiliki domain bayangan
  • memasang tautan ke klien lainnya pada laman doorway
  • menawarkan menjual kata kunci dalam bilah alamat
  • tidak membedakan antara hasil telusur aktual dan iklan yang muncul pada laman hasil telusur
  • menjamin peringkat, tapi Anda hanya mendapatkan frase kata kunci panjang dan tidak jelas
  • beroperasi dengan banyak alias atau info WHOIS palsu
  • mendapatkan trafik dari mesin telusur “palsu”, spyware, atau scumware
  • memiliki domain yang telah dihapus dari indeks Google atau tidak terdaftar dalam Google
  • meminta informasi account FTP Anda atau akses root ke server Anda

Jika Anda merasa ditipu oleh SEO, Anda dapat melaporkannya.

Di Amerika Serikat, Federal Trade Commission (FTC) menangani komplain tentang praktik penipuan atau bisnis yang tidak adil. Untuk mengirimkan komplain, kunjungi: http://www.ftc.gov/ lalu klik pada “File a Complaint Online,” hubungi 1-877-FTC-HELP, atau hubungi:

Federal Trade Commission
CRC-240
Washington, D.C. 20580

Jika komplain Anda tujukan pada perusahaan di negara selain Amerika Serikat, silakan kirimkan ke http://www.econsumer.gov/.


 

Program afiliasi

Panduan Webmaster kami menyarankan agar Anda membuat situs web dengan isi yang memberikan nilai tambah kepada para pengguna. Ini penting khususnya untuk situs-situs yang berpartisipasi dalam program afiliasi. Umumnya, situs web afiliasi menonjolkan deskripsi produk yang muncul di situs-situs yang termasuk dalam jaringan afiliasi tersebut. Karenanya, situs yang sebagian besar menampilkan isi dari jaringan afiliasi dapat kesulitan meraih peringkat Google, karena mereka tidak memiliki isi unik yang membedakan mereka dari situs lainnya di web.

Google percaya bahwa situs web afiliasi yang murni tidak memberikan nilai tambah bagi pengguna web, khususnya bila mereka adalah bagian dari sebuah program yang mendistribusikan kontennya kepada beratus-ratus afiliasi. Karena hasil telusur dapat menampilkan banyak situs, semua dengan isi yang sama, maka hal ini akan menyulitkan bagi para pengguna.

Bila Anda berpartisipasi dalam program afiliasi, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk menonjolkan situs Anda serta meningkatkan peringkat Anda.

  • Konten program Afiliasi harus membentuk hanya sebagian kecil dari isi situs Anda.
  • Saat memilih program afiliasi, pilihkan kategori produk yang sesuai untuk pembaca yang Anda tuju. Semakin program afiliasi tersebut menarget isi situs Anda, semakin banyak nilai tambah yang diberikan dan semakin baik peringkat Anda di hasil telusur Google serta menghasilkan uang dari program tersebut. Sebagai contoh, situs mengenai pendakian ke Alpen yang dipelihara dengan baik dapat dianggap sebagai mitra afiliasi oleh pemasok yang menjual buku-buku pendakian dari pada perlengkapan kantor.
  • Gunakan situs web Anda untuk menciptakan komunitas di antara pengguna Anda. Dari sini terciptalah pembaca yang setia, dan juga sumber informasi mengenai subyek yang Anda tulis. Misalnya, forum diskusi, tinjauan pengguna dan blog semuanya menyajikan isi yang unik dan memberikan nilai tambah bagi pengguna.
  • Pertahankan agar isi Anda selalu relevan dan terbarui. Informasi baru dan sesuai topik mempertinggi kencederungan perayapan isi Anda oleh Googlebot serta dikunjungi oleh pengguna.

Situs afiliasi murni yang mengandung isi yang muncul di banyak tempat lainnya di dalam web cenderung tidak memberikan hasil yang baik dalam hasil telusur Google dan bisa menimbulkan anggapan negatif terhadap situs Anda oleh mesin pencari. Konten yang unik dan relevan memberikan nilai tambah kepada pengguna dan membedakan situs Anda dari afiliasi lainnya, membuat situs Anda memperoleh peringkat yang baik pada laman penelusuran Google.

 

Index stats

Laman Index Stats (Statistik Indeks) mencari menggunakan operator Google tingkat lanjut untuk menyediakan contoh hasil tentang bagaimana situs Anda diindeks. Statistik yang mungkin tersedia meliputi:

Laman yang diindeks dalam situs Anda

Untuk melihat laman yang diindeks dalam situs Anda, gunakan operator site:, seperti ini: site:example.com. (Catatan: Jangan menggunakan spasi antara operator dan URL.)

Anda dapat melakukan pencarian pada seluruh domain atau membatasinya ke subdomain tertentu atau subdirektori—misalnya, site:example.com/webmasters.

Untuk mengecualikan laman dari pencarian Anda, gunakan tanda minus sebelum operator. Misalnya, pencarian site:google.com -site:adwords.google.com memberikan semua laman yang diindeks pada domain google.com tanpa laman dari adwords.google.com.

Laman yang tertaut ke laman muka situs Anda

Untuk melihat situs yang tertaut ke http://www.example.com, gunakanlink:example.com. (Anda dapat menggunakan link:example.com atau link:www.example.com, tapi pertama pencarian akan memberikan hasil yang lebih lengkap.) Anda juga dapat mencari tautan untuk laman atau direktori tertentu: link:example.com/home.html.

Tembolok situs Anda saat ini

Operator cache: menunjukkan salinan arsip laman yang diindeks oleh Google. Misalnya, cache:google.com menunjukkan versi homepage Google yang terakhir diindeks, serta informasi tentang tanggal tembolok dibuat. Anda juga dapat melihat laman dalam versi plain-text. Ini berguna karena menunjukkan bagaimana Googlebot melihat laman.

Jika Anda tidak ingin pengguna dapat mengakses versi laman Anda yang ada dalam tembolok, gunakan meta tag noarchive seperti ini:

<meta name=”robots” content=”noarchive”>

Laman tetap akan ditelusuri dan diindeks oleh Google, tapi pengguna tidak akan melihat tautan yang masuk dalam tembolok dalam hasil telusur.

Laman yang mirip dengan situs Anda

Operator related: menampilkan situs web yang mirip dengan situs yang Anda cari. Operator ini memberikan hasil telusur yang sama jika Similar pages (Laman yang mirip) diklik di samping hasil pada laman hasil telusur kami.

Pencarian ini seperti mencari toko buku untuk menemukan buku yang mirip dengan novel Harry Potter. Hasil pencarian dapat meliputi buku anak-anak yang lain, biografi J.K. Rowling, atau buku non-fiksi tentang sastra anak-anak. Secara umum, gunakan operator ini untuk menemukan sumber yang mirip. Anda akan mendapatkan hasil pencarian terbaik dan paling berguna jika Anda menggunakan situs yang mencakup berbagai jenis konten.

Google menggunakan beberapa faktor untuk menentukan kemiripan di antara situs yang berbeda. Akan tetapi, kualitas dari situs yang ditemukan tidak mempengaruhi peringkat Anda atau bagaimana Google mengindeks situs Anda.

Informasi yang kami miliki tentang situs Anda

Operator info: menampilkan tautan ke pencarian tingkat lanjut lain yang didaftar pada lama Index Stats di Alat Webmaster.

Tag meta

Tag meta adalah cara terbaik bagi para webmaster dalam memberikan informasi mengenai situs mereka kepada mesin pencari. Tag meta bisa dipakai untuk memberikan informasi kepada seluruh jenis klien, dan tiap sistem hanya memproses tag meta yang mereka pahami dan mengabaikan sisanya. Tag meta ditambahkan ke bagian <head> dari laman HTML Anda dan umumnya akan terlihat seperti ini:

<!DOCTYPE HTML PUBLIC “-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN”

http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd”&gt;

<html>

<head>

<META NAME=”Description” CONTENT=”Author: A.N. Author, Illustrator: P. Picture, Category: Books, Price:  £9.24, Length: 784 pages”>

<META http-equiv=”Content-Type” CONTENT=”text/html; charset=iso-8859-1″>

<META NAME=”verify-v1″ CONTENT=”+nxGUDJ4QpAZ5l9Bsjdi102tLVC21AIh5d1Nl23908vVuFHs34=”/>

<title>Example Books – high-quality used books for children</title>

<META NAME=”robots” CONTENT=”noindex,nofollow”>

Google memahami tag meta berikut ini (dan item terkait):

<meta name=”description” content=”A description of the page” /> Tag ini memberikan deskripsi singkat mengenai laman terkait. Dalam situasi tertentu, deksripsi ini digunakan sebagai bagian dari kutipan yang tampak di hasil telusur. Keterangan lebih lanjut
<title>The Title of the Page</title> Meski secara teknis bukan merupakan suatu tag meta, tag ini kerap digunakan bersama dengan “deskripsi”. Konten tag ini umumnya tampak sebagai judul dalam hasil telusur (dan tentu saja dalam browser pengguna). Keterangan lebih lanjut
<meta name=”robots” content=”…, …” />
<meta name=”googlebot” content=”…, …” />
Tag meta ini bisa mengendalikan perilaku mesin pencari yang menperayapan dan mengindeks. Tag metarobotberlaku bagi seluruh mesin pencari, sementara tag meta “googlebot” bersifat spesifik untuk Google. Nilai standarnya adalah “indeks, ikuti” (sama dengan “semua”) dan tidak perlu ditetapkan. Kami memahami nilai berikut ini (saat menentukan banyak nilai, pisahkan dengan menggunakan koma):

  • noindex: mencegah agar laman tidak diindeks
  • nofollow: mencegah agar Googlebot tidak mengikuti tautan dari laman ini
  • nokutipan: mencegah agar kutipan tidak ditampilkan dalam hasil telusur
  • noodp: mencegah penggunaan alternatif deksripsi dari ODP/DMOZ
  • noarchive: mencegah agar Google tidak memperlihatkan tautan yangtersimpan untuk sebuah laman.
  • unavailable_after:[date]: memudahkan Anda dalam menentukan tanggal dan waktu yang pasti untuk menghentikan perayapan dan pengindeksan laman ini sesuai keinginan Anda
  • noimageindex: dengan ini Anda bisa menentukan bahwa Anda tidak ingin laman Anda muncul sebagai laman rujukan untuk gambar yang muncul di hasil telusur Google.

Sebagai catatan samping, Anda kini juga dapat menentukan informasi ini pada tajuk laman Anda dengan menggunakan perintah tajuk HTTP “X-Robots-Tag”. Ini khususnya bermanfaat bila Anda ingin mengatur perayapan dan pengindeksan berkas non-HTML seperti grafis atau dokumen jeni lain.

<meta name=”google” content=”notranslate” /> Saat kami mengenali bahwa isi suatu halaman tidak dalam bahasa yang cenderung ingin dibaca oleh pengguna, kami kerap menyediakan tautan ke terjemahan dalam hasil telusur. Secara umum, hal ini memberi Anda peluang untuk membuat isi yang unik dan menarik bagi kelompok pengguna yang lebih luas. Namun demikian, boleh jadi terdapat situasi dimana hal ini tidak diinginkan. Tag meta ini menginformasikan kepada Google bahwa Anda tidak ingin kami memberikan terjemahan untuk laman ini. Keterangan lebih lanjut
<meta name=”verify-v1″ content=”…” /> Anda dapat menggunakan tag ini pada laman level-atas di situs Anda untuk memverifikasi kepemilikan terhadap Alat Webmaster. Harap diperhatikan bahwa meski nilai atribut “nama” dan “isi” harus benar-benar sama dengan apa yang diberikan kepada Anda (termasuk huruf besar dan huruf kecil), tapi bukan masalah bila Anda mengubah tag dari XHTML ke HTML, atau bila format tag sesuai dengan format laman Anda. Keterangan lebih lanjut
<meta http-equiv=”Content-Type” content=”…; charset=…” /> Tag meta ini menguraikan jenis isi dan set karakter laman tersebut. Pastikan bahwa Anda mengurung nilai atribut isi dengan tanda petik – bila tidak demikian atribut charset dapat ditafsirkan secara keliru. Keterangan lebih lanjut
<meta http-equiv=”refresh” content=”…;url=…” /> Tage meta ini mengantarkan pengguna ke URL baru setelah beberapa saat, dan terkadang digunakan sebagai bentuk pengalihan sederhana. Namun demikian, hal ini tidak ditunjang oleh seluruh jenis browser, dan dapat membingungkan pengguna. W3C tidak menyarankan penggunaan tag ini. Kami menyarankan penggunaan pengalihan server-side 301saja.

Poin penting lain yang perlu diperhatikan:

  • Google bisa membaca baik tag meta gaya HTML dan XHTML, tanpa memperhatikan kode yang digunakan pada laman.
  • Dengan pengecualian terhadap “verifikasi”, huruf besar-kecil secara umum bukan hal penting dalam tag meta.

Ini bukan merupakan daftar eksklusif dari tag meta yang tersedia, dan Anda bebas menggunakan tag meta yang tidak tercantum bila penting bagi situs Anda. Harap diingat bahwa Google akan mengabaikan tag meta yang tidak diketahuinya.

Webmaster Guidelines

Best practices to help Google find, crawl, and index your site

Following these guidelines will help Google find, index, and rank your site. Even if you choose not to implement any of these suggestions, we strongly encourage you to pay very close attention to the “Quality Guidelines,” which outline some of the illicit practices that may lead to a site being removed entirely from the Google index or otherwise impacted by an algorithmic or manual spam action. If a site has been affected by a spam action, it may no longer show up in results on Google.com or on any of Google’s partner sites.

Design and content guidelines Learn more…
Technical guidelines Learn more…
Quality guidelines Learn more…

When your site is ready:

  • Submit a Sitemap using Google Webmaster Tools. Google uses your Sitemap to learn about the structure of your site and to increase our coverage of your webpages.
  • Make sure all the sites that should know about your pages are aware your site is online.
Design and content guidelines

back to top

  • Make a site with a clear hierarchy and text links. Every page should be reachable from at least one static text link.
  • Offer a site map to your users with links that point to the important parts of your site. If the site map has an extremely large number of links, you may want to break the site map into multiple pages.
  • Keep the links on a given page to a reasonable number.
  • Create a useful, information-rich site, and write pages that clearly and accurately describe your content.
  • Think about the words users would type to find your pages, and make sure that your site actually includes those words within it.
  • Try to use text instead of images to display important names, content, or links. The Google crawler doesn’t recognize text contained in images. If you must use images for textual content, consider using the “ALT” attribute to include a few words of descriptive text.
  • Make sure that your <title> elements and ALT attributes are descriptive and accurate.
  • Check for broken links and correct HTML.
  • If you decide to use dynamic pages (i.e., the URL contains a “?” character), be aware that not every search engine spider crawls dynamic pages as well as static pages. It helps to keep the parameters short and the number of them few.
  • Review our recommended best practices for images and video.
Technical guidelines

back to top

  • Use a text browser such as Lynx to examine your site, because most search engine spiders see your site much as Lynx would. If fancy features such as JavaScript, cookies, session IDs, frames, DHTML, or Flash keep you from seeing all of your site in a text browser, then search engine spiders may have trouble crawling your site.
  • Allow search bots to crawl your sites without session IDs or arguments that track their path through the site. These techniques are useful for tracking individual user behavior, but the access pattern of bots is entirely different. Using these techniques may result in incomplete indexing of your site, as bots may not be able to eliminate URLs that look different but actually point to the same page.
  • Make sure your web server supports the If-Modified-Since HTTP header. This feature allows your web server to tell Google whether your content has changed since we last crawled your site. Supporting this feature saves you bandwidth and overhead.
  • Make use of the robots.txt file on your web server. This file tells crawlers which directories can or cannot be crawled. Make sure it’s current for your site so that you don’t accidentally block the Googlebot crawler. Visit http://code.google.com/web/controlcrawlindex/docs/faq.html to learn how to instruct robots when they visit your site. You can test your robots.txt file to make sure you’re using it correctly with the robots.txt analysis tool available in Google Webmaster Tools.
  • Make reasonable efforts to ensure that advertisements do not affect search engine rankings. For example, Google’s AdSense ads and DoubleClick links are blocked from being crawled by a robots.txt file.
  • If your company buys a content management system, make sure that the system creates pages and links that search engines can crawl.
  • Use robots.txt to prevent crawling of search results pages or other auto-generated pages that don’t add much value for users coming from search engines.
  • Monitor your site’s performance and optimize load times. Google’s goal is to provide users with the most relevant results and a great user experience. Fast sites increase user satisfaction and improve the overall quality of the web (especially for those users with slow Internet connections), and we hope that as webmasters improve their sites, the overall speed of the web will improve.

Google strongly recommends that all webmasters regularly monitor site performance using Page Speed, YSlow, WebPagetest, or other tools. For more information, tools, and resources, see Let’s Make The Web Faster. In addition, the Site Performance tool in Webmaster Tools shows the speed of your website as experienced by users around the world.

Quality guidelines

back to top

These quality guidelines cover the most common forms of deceptive or manipulative behavior, but Google may respond negatively to other misleading practices not listed here (e.g. tricking users by registering misspellings of well-known websites). It’s not safe to assume that just because a specific deceptive technique isn’t included on this page, Google approves of it. Webmasters who spend their energies upholding the spirit of the basic principles will provide a much better user experience and subsequently enjoy better ranking than those who spend their time looking for loopholes they can exploit.

If you believe that another site is abusing Google’s quality guidelines, please report that site at https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport. Google prefers developing scalable and automated solutions to problems, so we attempt to minimize hand-to-hand spam fighting. The spam reports we receive are used to create scalable algorithms that recognize and block future spam attempts.

Quality guidelines – basic principles

  • Make pages primarily for users, not for search engines. Don’t deceive your users or present different content to search engines than you display to users, which is commonly referred to as “cloaking.”
  • Avoid tricks intended to improve search engine rankings. A good rule of thumb is whether you’d feel comfortable explaining what you’ve done to a website that competes with you. Another useful test is to ask, “Does this help my users? Would I do this if search engines didn’t exist?”
  • Don’t participate in link schemes designed to increase your site’s ranking or PageRank. In particular, avoid links to web spammers or “bad neighborhoods” on the web, as your own ranking may be affected adversely by those links.
  • Don’t use unauthorized computer programs to submit pages, check rankings, etc. Such programs consume computing resources and violate our Terms of Service. Google does not recommend the use of products such as WebPosition Gold™ that send automatic or programmatic queries to Google.

Quality guidelines – specific guidelines

  • Don’t create multiple pages, subdomains, or domains with substantially duplicate content.
  • Don’t create pages with malicious behavior, such as phishing or installing viruses, trojans, or other badware.

If you determine that your site doesn’t meet these guidelines, you can modify your site so that it does and then submit your site for reconsideration.

Comments are closed.