Tentang Gua Cerme (Imogiri-Bantul)


Sumber : ceritamu.com

Nah, yang kebetulan suka dengan wisata petualangan, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan ke Yogyakarta, untuk menelusuri dan menikmati eksotisnya pemandangan di Gua Cerme yang terdapat di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Goa Cerme terletak kira-kira 15 kilo meter dari kota Bantul dan panjang gua ini seluruhnya kurang lebih 1,2 Kilo meter dan didalamnya mengalir sungai bawah tanah yang juga aman buat kegiatan Caving.

Ujung dari gua ini berupa Sendang diwilayah panggang. selain gua utama, ada gua lain yang digunakan untuk tempat meditasi, seperti Goa dalang, Goa Ledhek, Goa Badhut, dan Goa Kaum.

Untuk mencapai depan gerbang Goa, pengunjung harus mendaki bukit melesati skitar759 anak tangga. Pada malam harinya pemandangan kota di sebelah utaranya terlihat indah dengan gemerlap lampu.

Goa Cerme berasal dari kata cerme berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo. Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Selain itu, gua Cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak.

Sungai bawah tanah, didalam guaSetiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.
Goa ini termasuk goa yang panjang dan dalam. Daya tarik utama wisatawan dari Goa Cerme, adalah keindahan stalagtit dan stalagmit serta banyaknya kelelawar di dalam gua selain aliran air bawah tanah tentunya. Lantai goa digenangi oleh air tanah dengan rata rata kedalaman air sekitar 1 hingga 1,5 meter.

Goa ini terdiri dari banyak ruangan, seperti panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan/paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung. Mau nyoba?

Masih disekitar Gua Cerme, ada sebuah bukit yang agak tinggi, dari sana kita bisa menikmati luasnya pemandangan jogja dari titik ini, masih lumayan juga dibandingin ama bukit bintang di bukit patuk Gunung Kidul.


Aku tambahin dari matanews.com (lagi penat neh… Wink

Comments are closed.