Solo Kota Seribu Bintang


Karena masih g bisa tidur, he..he..share lagi aja x ya. Solo kota seribu bintang?kenapa?mengapa?bagaimana?kok bisa? Haha…kota ini aku namakan demikian karena, kota ini banyak memberikan hal-hal yang menakjubkan (beside of my journey, of course;D..) bagi teman-teman yang mau maen ke solo atau sekedar mampir atau apapun itu, aku ada beberapa penawaran tempat (he..he…kayak sales wisaya ya ;D, yang mungkin bisa dicoba kalau mau. kategorinya aku buat pagi, siang mpe malem aja (maksudnya disesuaikan dengan situasi ama kondisi gitu loh..

Pagi (in the morning utuk…utuk…)

1. Jalan-jalan ke UNS (universitas nasioanal indonesia/univ. sebelas maret surakarta). universiytas ini didalmnya ada beberapa taman-taman yang enak kalau untuk sekedar buat nyari hawa segar atapun sekedar menikmati pagi.

2. GOR Manahan Biasa kalau pagi dipake buat joging, maen basket, atau sekedar duduk-duduk ditrotoar jalan sambil menikmati susu hangat.

3. Kampung Batik Laweyan (lokasi di Kecamatan Laweyan, Solo Selatan) Ini adalah sentra industri batik (batik tulis, serta cap), disini kita bisa jalan-jalan pagi sambil merasakan kesibukan persiapan pembuatan batik, serta hilir mudik para pembuat batik. Kampung Laweyan ini juga mempunyai lorong-lorong mirip kayak labirin gitu, jadi bisa buat hide and seek Selain banyak arsitektur rumah (baik untuk produksi batik ataupun rumah perorangan)  yang masih mempertahankan arsitektur gaya tempo dulu, kampung laweyan juga mempunyai banyak cagar budaya yang mantap (buat teman-teman yang suka ama suasana wisata ke cagar budaya), beberapa diantaranya adalah Langgar Laweyan, Masjid laweyan, dll.

4. Kampung Batik Kauman (Kecamatan Pasar Kliwon) Tempat ini dekat dengan bundaran Gladag (bundaran ini mirip dengan bundaran HI jakarta, biasa buat titik 0 demonstrasi). Lokasi ini juga berdekatan dengan Alun-alun lor (utara), Alun-alun Kidul, Keraton Solo, Masjid Agung, Pakualaman, Pasar Klewer. Juga merupakan lokasi sentra industri batik kedua setelah Kampung Laweyan. Jadi teman-teman bisa maen kesini sekaligus bisa mampir ke beberapa tempat yang berdekatan tadi, kalau jalan kaki dari satu tempat ketempat laennya cuman sekitar 15menit perjalanan kok, nggak pake lama (kalau nggak mampir-mampir dulu, kecuali kalau mau ke alun-alun kidul (selatan) rada jauhan dikit, paling klo jalan kaki bisa mpe 30menitan, g lama juga kan

5. Kampung Baluwarti (Lokasinya berada didalam Keraton)

Kampung ini gaya arsitekturnya hampir sama dengan gaya arsitektur keraton (jadimasih tempo dulu gitu, walau masih ada beberapa yang sudah diubah gaya arsitekturnya ke modern).

6.Pasar-pasar Tradisional

Ah, banyak hal yang menyenangkan bila kita sudah berbicara tentang pasar tradisional di Solo. Apa yang ditawarkan dari tempat ini?tergantung darimana juga kita sih. Selain bisa merasakan jajanan khas Solo, disini kita bisa merasakan hiruk pikuk khas masyarakat bawah, bisa berdialog dengan penjualnya sambil bercanda, bisa tawar menawar, bagiku inilah satu diantara kehangatan yang tidak bisa aku temui di mal-mal besar (sedang mengejala di Solo). setelah jalan-jalan di pasar serta membeli jajan pasar, mungkin lebih enaknya kita mampir wisalah satu warung makan di dalam pasar sambil menikmati teh Ginastel-nya Solo (Legi, panas, kentel=kental), uhmmm….hangat sekali.

Siang
1. Taman Balekambang

Ini adalah oase kecil di Solo (menurutku) karena ditempat ini selain masuknya masih murah, paling cuman mbayar uang parkir 1000perak aja. tempat ini ada danau kecil ditengahnya serta beberapa taman yang enak kalau buat menikmati  siang yang menyengat, ngobrol ama temen, diskusi, atau jalan ama gebetan baru ;D. Tempat ini juga berdekatan dengan terminal bus Tirtonadi Solo, jadi kalau teman-teman mpe Solo siang hari dan belum ada agenda bisa aja mampir kesini, kalu jalan kaki dari terminal paling-paling cuman 30 menitan. Kalau siang hari, tempat ini sangat sejuk karena banyak pohon-pohon besar yang ditanam disini serta  beberapa tanaman-tanaman tertentu yang dilindungi.

2. Taman Satwa Taru nJurug

Ini kebun binatangnya Solo, didalamnya juga ada danau kecil serta ada beberapa perahu bebek yang bisa disewa perjamnya, bila kita mau mengitari danau tersebut baik sendiri ataupun nggak ;D.

3. City Walk (Jl. Slamet Riyadi, dari bundaran Purwosari mpe bundaran Gladag)

Tempat ini ada disepanjang kanan jalan menuju ke kota, dan bisa ditempuh dengan naik bus kota serta ankuta jalur 01 jurusan Palur dari terminal kartasura.  Kalu dari arah terminal tirtonadi, menuju tempat ini ditempuh dengan bus kota jurusan kartasura. Tempat ini menawarkan banyak taman-taman yang dibangun ditrotoar jalan, untuk tempat nongkrong serta menikmati makanan serta minuman yang berada disepanjang jalan tersebut.

4. Taman Wayang Orang Sriwedari (TWOS)

Kalu siang banyak permainan yang berada disitu serta beberapa toko cenderamata. Kalau malam biasa ada pementasan  yang sudah terjadwalkan (bisanya jadwal akan dipasang pada spanduk yang ditempel didepan gerbang masuk TWOS. Dinamakan wayang orang karena, ditempat ini sering diadakan pentas wayang orang serta terkadang kethoprak.

5. Gladag

Lokasi ini menurutku menarik, karena ada dua tempat yaitu tempat jual buku-buku lama serta tempat orang-orang berjualan batu hias serta setipe dengannya.

6. Keraton Solo

7. Pura Pakualaman

Senja-Malam
1. Wedang Hik

Adalah warung yang menyediakan makanan serta minuman, biasanya pake gerobak serta ciri khasnya kebnaykan menyediakan tikar untuk duduk lesehan sembari menikmati hidangan serta suasana malam. Makanan yang terkenal adalah, sate kere (sate kerang), sego kucing (nasi bungkus daun pisang -udah jarang-, lebih banyak sekarang pake kertas koran atau kertas bekas sebagai pembungkusnya, biasanya nasinya cuman sekepal gengaman tangan orang dewasa ditambah ikan teri+sambal pedas, atau tempe kering, dan oseng-oseng bendrat-mihun), sedangkan minuman yang sangat terkenal adalah teh Nasgitel ama Jahe Gepuk. Wedang hik (menurutku) yang enak buat nongrong adlah disepanjang jalan Slamet riyadi, Belakang Taman Sriwedari.

2. TBS (Taman Budaya Surakarta)

Pementasan teater, drama, film independen, atau seni alternatif, wayang, sendratari, pementasan monolog, sering dipentaskan disini. Beberapa acara, biasa dimulai sekitar pukul 8 malem mpe selesai.
angkutan solo

3. Merasakan Sego Liwet khas Solo

Teman-teman bisa merasakan nasi liwet ini, di sekitar kampung Laweyan Solo, Jl. Slamet Riyadi, deket pasar Gemblegan, biasanya satu porsi bisa mpe 6ribuan mpe 10ribuan (variatif). Biasa buka mulai pukul 10malem mpe jam 5an shubuh).

4. Merasakan Sego Gudeg khas Solo

Bisa ditemukan beberapa warung gudeg di dekat stasiun purwosari hingga perempatan kabangan.

8. Stasiun Purwosari Solo

Tempat ini akan sangat rame sekali ketika waktu senja (sekitar pukul 4 mpe 6sore), dipinggir jalan yang berdekatan dengan rel kereta api  akan ada banyak orang-orang, baik remaja maupun keluarga, yang duduk rame-rame sambil menikmati kereta api yang lewat di stasiun Purwosari. berdekatan dengan tempat in, ada sebuah warung sederhana 9wedang hik) dengan minuman terkenalnya, Jahe Gepuk.

Penginapan
Tentang penginapan, setahuku didaerah Keprabon (Jl. Slamet Riyadi, tepatnya deket ama prapatan nonongan), disana penginapan sekelas hotel melati cuma 75ribu permalam+snack+sarapan+aman+bersih. Kalau dideket Laweyan disana juga ada beberapa penginapan yang mempunyai tarif sekitar 75rb mpe 120an rb.

Transportasi Favorit

1. Becak

Masih banyak ditemui dibeberapa sudt jalan Solo sreta di pasar-pasar tradisional, tarif (tawar menawar)

2. Andong

Sudah semakin jarang, namun 1-2 masih bisa ditemukan disekitas Pasar gemblegan Solo serta Pasar Gading (lokasinya deket ama alun-alun kidul).

3. Dokar

Banyak ditemukan di sekitar Manahan (tepatnya GOR Manahan).

4. Angkot

Jenis angkutan ini peredarannya Laughing out loud, dimulai dari pukul 5an pagi mpe pukul 10malam (kalau pas malem minggu bisa mpe pukul 12malem,tapi cuman beberapa aja), jenis armada darat ini ciri khasnya berwarna kuning. Tarif akan sangat berbeda ketika siang dan malam hari (akan lebih mahal ketika malam, 2x lipatnya)


Kay, sementara ini aja dulu, kapan-kapan nyambung lagi postingnya tentang solo, nggak bakalan kelar langsung neh. ;D ;D

Maaf kalau banyak salah-salah ya, moga aja ada manfaatnya. maturnuwun…Sugeng Enjang.

Comments are closed.