Sekedar Saran, Untuk Si Cantik…hehe


Tips berpetualang buat cewek

(sekedar share aja kay,tambahin jika masih kurang)

Prasyarat yang bisa (lebih baik) untuk dipenuhi antara lain :

Open mind, open  heart

Inklusif aja ats segala hal yang baru serta keadaan, bisa barang tentu keadaan atau kenyataan tidak seperti apa yang kita duga dan harapkan serta tentu saja munkin akan berbandingterballik dengan segala background kita. Maka saran terbaik adalah, terbukalah, membuat barikade bagi diri sendiri adalah sah-sah saja, namun akan lebihbaik bila kita juga mengirinya dengan kearifan (ciee…..

Cerdas-cerdas bawa diri

Kehidupan dijalan, akan memberikan hal yang keras, tadas dan  terkadang mengacuhkan kemanusiaan, namun tidak semua hal itu melulu yang ada, banyak juga di jalan kita bisa menemukan keajaiban-keajaiban kecil , pencerahan, persahabatan, cinta (mungkin), ataupun kebahagiaan. Maka cerdas bisa juga berarti, kita harus tahu sedang dimana kita dan sikap terbaik apa yang kemudian bisa kita berikan. (tentu saja ini lagi-lagi teoritis belaka, dalam kerangka praksis, yang menentukan adalah pengalaman (baik dari diri sendiri,/pun orang laen), keinginan untuk belajar dari (alam, pengalaman, orang lain serta tentu saja membaca keadaan).

Nggak usah cengeng menghadapi keadaan

Seburuk apapun itu bukan berarti aku menstigmatisasi bahwa cewek senantiasa cengeng, nggak deh tenang aja (terkadang cowok banyak juga yang cengeng;D. Aku cuman ingin mengatakan bahwa, lebih baik bila mungkin kita harus belajar untuk tidak cengeng. Karena kesempatan untuk menemukan solusi (sudah barang tentu) akan senantiasa ada (sepanjang kita masih punya kaki, tangan, akal, kepala, jiwa, dan tentu  saja nyawa;),tinggal kita mencoba untuk mencarinya dari sudut pkitang yang berbeda (out of the box, kata seorang motivator).

Tegarlah setegar Idealismemu (Keyakinan)

Hehe….itu kata bapakku. Tapi kata-kata itu senantiasa mengendap dalam-dalam diotak kananku.

 

Cari referensi yang cukup

Ketika kau sudah menentukan  akan melangkah kemana untuk melakukan perjalanan, akan lebih baik bila kita mengetahui dan mempelajari medan terlebih dahulu, hal ini agar kita bisa lebih mempersiapkan diri dengan baik (serta tentu saja,mengukur kekuatan-kelemahan-kesempatan-ancaman, hehe….kayak kuliah ekonomi aja yah;D;D

Sharing informasi dan pengalaman,

Hal ini dirasa amat penting bila kita masih blank dengan lokasi yang akan kita tuju. Mencari saran yang terbaik serta tepat dari temen, saudara, ataupun tetangga, lewat forum inipun juga sangat boleh (ya, to pak admin;) mungkin akan cukup bisa membantu.

Pakaian
Gunakan pakain sesuai dengan tempat yang hendak kita tuju (jangan mpe salah kostum) dan yang jelas cara berpakaian adalah pengejawantahan atas penghormatan terhadap keadaan tempat (sosial, budaya, kepercayaan) setempat.

Selain itu, gaya berpakaian, cara make up, dan perhiasan yang berlebihan, bisa membuat Kita menjadi sasaran target pencurian dan tentu saja pelecehan.

 

Bawa uang secukupnya aja

Kartu ATM, kartu kredit, usahakan jangan dibawa, kecuali kita benar-benar yakin ketika kita membawanya akan dirasakan aman dan tidak menjadi incaran copet ataupun maling. Dan kalau bisa jangan semua uang atau bekal berharga kita ditempatkan didalam satu tempat yang mudah untuk diambil orang lain tanpa kita tahu.

Kartu identitas

Bawa selalu KTP/kartu mahasiswa/kartu pengenal yang lainnya, untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan muncul nantinya.

 

Alat pertahanan

Kalau dirasakan kita kan menuju ketempat yang harus melewati beberapa titik yang berbahaya (terminal, bus umum, kereta api kelas ekonomi,dll), bila diperlukan untuk membawa senjata bertahan, so…siapain aja (biasanya juga semprotan merica, sambal, atau bawa pocket knife juga nggak apa-apa.
Kalu kita bisa beladiri, aikido, pencak silat, atau apapun jenis bela dirinya, itu akan sangat membantu sekali.

Obat-obatan
Bila kita dalam keadaan nggak sehat sangat disarankan, mendingan urungkan aja niatmu untuk melakukan perjalanan. Tapi ketika dirasa kondisi serta situasi sangat memungkinkan untuk melakukan perjalanan, ada baiknya bila kita juga mempersiapkan obat-obatan yang kita bisa jadi akan sangat kita butuhin nantinya (baik ketika mau berangkat, dalam perjalanan ataupun ketika sudah sampe dilokasi). Kita harus tahu diri kita sendiri kan?

Jangan tergantung ama orang lain

Sekali lagi jangan tergantung ama orang lain, lakukan dengan segala kemampuanmu, tekadmu dan tentu saja keyakinanmu. Bila dirasa kita membutuhkan bantuan, setelah kita sudah melakukan yang terbaik, kita bisa meminta bantuan orang lain jika masih belum bisa menyelesaikan sendiri. tapi sekali lagi lho ya, lebih baik untuk tidak tergantung ama orang laen (kasian, kan orang lain juga)

Pasang mata, telinga, bacalah keadaan, dan bergeraklah!

Tetap waspada dengan menggunakan akal sehat dan sadar dengan kondisi sekeliling Kita. Jika merasa sedang diikuti seseorang, ayuhkan langkah kaki segera mungkin ke tempat keramaian atau tempat umum (kantor polisi, poskampling, tempat ibadah,dll) dan tunggulah hingga keadaan sudah bisa dipastikan aman.Jangan malu untuk meminta seseorang untuk memastikan semuanya aman sebelum akhirnya kita yakin untuk melanjutkan perjalanan kembali.

Percayai dirimu (lebih dari apapun)

Lihat, bertindak dan bergerak seolah-olah Kita tahu ke mana pergi dan apa yang akan dilakukan. Hal ini dapat mencegah Kita tampak seperti sasaran yang mudah dan dapat membantu kita menghindari potensi dari bahaya. Dalam situasi genting alias gawat (aku sendiri lebih mempercayai intuisiku;)

Mintalah arah

Sebelum berangkat dari hotel kita menginap, mintalah petugas atau staf hotel lainnya untuk menunjukkan arah ke tempat kita berencana untuk berkunjung. Ini tentu saja dapat membantu Kita menghindari daerah-daerah yang tidak aman serta mencegah terlihat bingung yang mengakibatkan potensi bahaya lebih besar.

Jika Kita tersesat, mintalah petunjuk dari sebuah keluarga atau seorang wanita yang sedang bersama anaknya.

Menginap
Pada saat Kita berencana menginap, pilihlah penginapan dengan lokasi yang strategis. Strategis dari transportasi umum,strategis untuk hangout juga kalu perlu, strategis dari pos keamanan, strategis untuk mencari perlengkapan dalam perjalanan (maal, pasar). Dan tentu saja aman.
Setelah ketika sudah berada di dalam kamar hotel, periksalah semua pintu dan jendela apakah masih berfungsi dengan baik ato nggak.

Bila ada yang mengetuk kamar, tanyakan dulu siapa?darimana? akan lebih baik untuk tidak membukakan pintu kamarmu, bila tidak merasa yakin tamu bersangkutan kita kenali (apalagi ketika kita sendirian to
Epilog
Itu dulu aja sementara, ya;), aku rasa masih banyak yang kurang dan waktu tuk nulis yang belon banyak. Maka, ketahuilah saudara-saudara sekalian, amat sangat disarankan untuk menambahkan saran-saran yang terbaik (aku yakin, banyak teman-teman yang lebih mempunyai saran serta pengalaman yang hebat). Maturnuwun……

Referensi

Hasil sharing ama temen cewek  ;D

Baca-baca buku (judulnya The Naked Traveler “cerita tentang keseharian seorang backpacker wanita yg ku pikir sudah mengelilingi hampir seluruh bagian dari dunia ini”).

pengalaman jalan ma cewek-cewek  Laughing out loud

PS.
Maaf atas segala kekurangan (kata-kata yang kurang ajar -bila ada-, salah ketik, nggak eyd abis, norak, dll). Thanks, for viewing and off course harm regard for all of u;)

5 responses to “Sekedar Saran, Untuk Si Cantik…hehe