Film tentang backpacker


Apa kabar semua, uhm mau share tontonan film tentang backpacker yang pernah aku liat :

  1. The Beach

    Film ini bercerita tentang perjalanan ke negeri Thailang, film ini juga bercerita tentang apa, mengapa, siapa, dan bagaimana backpacking seharusnya dilakukan. Pokoknya prinsip 5W+1H, bakalan dipake deh. Nah buat cewek-cewek, film ini kayaknya wajib ditonton soalnay pemerannya Leonardo Dicaprio lho, ehm…ehm…

  2. City of God

    Film ini nggak cerita tentang perjalanan menuju pantai-panyai di Brazil (sebagaimana latar belakang film ini), namun film ini pengen cerita pada kita tentang perjuangan menghadapi realitas hidup yang getas di kota Rio de Janerio Brazil. Uhmm, subtitlesnya pake bahasa portugis sih (nyari di opensubtitles nggak dapet-dapet juga soalnya_ tapi tenang aja, kita banyak belajar dari pesan-pesan komunikasi visual yang diberikan oleh film keren ini.

  3. Shanghai Kiss

    Bagi yang belum pernah denger tentang film ini, shanghai kiss sebenarnya mempunyai pesan yang sangat sederhana namun sangat substansial-filosofis, yaitu empati, iyah…empati kawan-kawan. Film ini bercerita tentang suasana kehidupan krisis ekonomi di china, nah film ini juga cerita tentang perjalanan ke China yang nggak terduga-duga sebelumnya, dan kejutan-kejutan yang akan muncul dalam perjalanan film ini tentang beberapa hal yang mengubah arah serta makna kehidupan aktornya. Flm ini juga penuh dengan pesan-pesan interaksi pertemuan antara budaya barat dan timur serta tentu saja eksotisme china dari perspektif outsider alias backpacker.

  4. Euro Trip
    Nah ni dia, film yang menjadi salah satu referensi keren for my last journey, ehehe…Film ini emang berjalan agak linear, terkesan bikin ngakak, namun film ini banyak menunjukkan kepada para penontonnya (yang belum pernah pergi ke negeri Eropa) tentang keunikan-keunikan di setiap kota di Eropa yang dikunjungi. Yakin film ini bikin ngakak namun tetep memberikan pelajran berharga untuk setiap kita yang punya cita-cita keliling Eropa, siapa tahu esok pagi kita bisa kesana.
  5. Lost in Translation

    Jika kita ingin melakukan perjalanan ke negara baru dan tidak mengerti apa-apa tentangnya, so film ini akan bercerita tentang hal tersebut. Film ini akan membawa kita tepat di tengah-tengah negara Samurai Jepang modern dari perspektif seseorang yang tidak tahu apa-apa tentangnya. Anda akan merasa seperti terdampar dan asing sebagaimana Bill Murray (salah satu pemeran fim ini), tetapi pada saat yang sama kita akan benar-benar merasa uhmmmmm…..dengan itu. Sebagaimana Bondan mengatakan dalam salah lagunya, ”everything gonna be okay”.

  6. Slumdog Millionaire

    Orang yang bikin film ini sama dengan yang nikin The Beach diatas, sehingga banyak pesan yang disampaikan serta disuguhkannya cenderung menampilkan tempat-tempat yang eksotis serta cerita perjalanan yang menemaninya.

  7. Under the Tuscan Sun

    Film ini, secara sadar mengajarkan aku tentang sebuah petuah bijak, yaitu ”Kehidupan memberikan kita ratusan kesempatan bahkan sampai tak terhingga, namun yang harus kita lakukan adalah mengambil salah satu yang kita yakini dan memperjuangkannnya, apapun resiko yang harus kita bayar ”

  8. Into the Wild

    Uhmmmm, spirit che guevara,Tan Malaka, Soe Hok Gie, sepertinya ingin disampaikan dalam film ini, kendati diawal-awal film ini terkesan Christopher McCandless sedang lari dari realitas yang memuakkan. Tapi sungguh, ini film hebat tentang petualangan dan konsekuensi dari sebuah pilihan, walaupun harus terasing, sendiri, sepi sebagaimana sabda Sang Nietzhe ”Kesepiaan adalah rumahku”, namun semuanya terbayar dengan kedamaian, independensi Ketuhanan dan tentu saja kebebasan.

  9. The Motorcycle Diaries

    Ehmmmm, aku teringat dengan Dr. Che yang suka naik sepeda motornya keliling Cuba saat melihat film ini. Karena film ini akan cerita kepada kita tentang seorang lelaki yang berpetualang dengan sepeda motorbersama dengan sahabat dekatnya. Wowww…..sangat indah pesan yang disampaikan film ini. Ohya film ini mengambil background negara Spanyol.

  10. http://www.onedayinafrica.com/
    Ini film dokumenter judulnya sama dengan alamat website resminya,nggak banyak komen tentang film dokumenter satu ini, langsung ke tkp ajah yah kawan.

Ohya yang blon aku pernah lihat filmnya diantaranya adalah (dulu sempet nyari-nyari, tapi masih belum juga ketemu, kalau ada yang tahu link ftp downloadnya kasih tahu yah !!):
1.Morvern Callar.
2.The Vanishing
3.Fitzcarraldo.
4.Grizzly Man
5.Keep the River on Your Right
6.Black Orpheus
7.Nine Queens
8.Life and Debt
9.Songs

Deskripsi tentang kesembilan film diatas ada di link ini kawan-kawan http://kinohiroams.blogspot.com/2007/05/few-movies-for-backpacker-to-enj…

Kay, maaf kalu ada banyak salah ketik dan lain-lainnya. Viva Forever FBI…..

Comments are closed.